Surat Izin Orang Tua untuk Anak yang akan Meninggalkan Indonesia

Pengantar



Ketika anak akan meninggalkan Indonesia, baik untuk studi, bekerja, atau hanya liburan, surat izin orang tua menjadi hal yang penting. Surat ini diperlukan sebagai persyaratan untuk mendapatkan visa dan juga sebagai bukti bahwa anak tersebut telah mendapatkan persetujuan dari orang tua atau wali yang sah. Namun, bagaimana cara membuat surat izin orang tua yang benar dan sesuai dengan persyaratan?


Persyaratan Surat Izin Orang Tua



Sebelum membuat surat izin orang tua, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Pertama, surat harus ditulis dengan bahasa Inggris. Kedua, surat harus mencakup informasi tentang anak, orang tua atau wali yang memberikan izin, serta alasan anak meninggalkan Indonesia. Ketiga, surat harus dicap dan ditandatangani oleh orang tua atau wali yang sah. Terakhir, surat harus disertai dengan fotokopi kartu identitas orang tua atau wali yang memberikan izin.


Isi Surat Izin Orang Tua



Surat izin orang tua harus ditulis dengan jelas dan ringkas. Surat harus mencakup informasi tentang nama lengkap anak, tanggal lahir, nomor paspor, serta alasan anak meninggalkan Indonesia. Selain itu, surat juga harus mencakup informasi tentang orang tua atau wali yang memberikan izin, termasuk nama lengkap, nomor identitas, alamat, dan nomor telepon.


Contoh Surat Izin Orang Tua



Berikut ini adalah contoh surat izin orang tua yang dapat digunakan sebagai referensi:

Kepada Kedutaan Besar Amerika Serikat,


Saya, Budi Santoso, ayah dari Ani Santoso, memberikan izin kepada anak saya untuk pergi ke Amerika Serikat selama enam bulan untuk mengikuti program studi. Saya memberikan izin ini dengan sukarela dan tanpa paksaan dari pihak manapun.


Ani Santoso adalah seorang mahasiswa di Universitas Indonesia dan telah menyelesaikan dua tahun studi di bidang ilmu komputer. Dia akan pergi ke Amerika Serikat untuk mengikuti program pertukaran pelajar di Universitas California selama enam bulan, mulai dari tanggal 1 Agustus 2023 hingga 1 Februari 2024.


Saya, Budi Santoso, menjamin bahwa Ani Santoso akan kembali ke Indonesia setelah program studi selesai dan tidak akan melanggar hukum di Amerika Serikat. Saya juga menyertakan fotokopi kartu identitas saya sebagai bukti bahwa saya adalah orang tua yang sah dari Ani Santoso.


Demikian surat izin orang tua ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan saya siap memberikan keterangan lebih lanjut jika diperlukan.


Hormat saya,


Budi Santoso



Kesimpulan



Surat izin orang tua merupakan persyaratan penting bagi anak yang akan meninggalkan Indonesia. Surat ini harus ditulis dengan bahasa Inggris dan mencakup informasi tentang anak, orang tua atau wali yang memberikan izin, serta alasan anak meninggalkan Indonesia. Dengan membuat surat izin orang tua yang benar dan sesuai dengan persyaratan, anak dapat memperoleh visa dengan mudah dan melakukan perjalanan ke luar negeri dengan aman dan nyaman.

close